Wednesday, December 5, 2018

Senar Gitar Terasa Keras?? Begini Solusinya - Membuat Gitar Menjadi Empuk Enak Dimainkan

Ingin membuat gitar menjadi empuk..? Begini solusinya..

Cara yang akan saya berikan ini 100% memberikan solusi merubah senar gitar yang terasa keras menjadi empuk, pas banget buat sobat yang suka bermain melodi gitar cepat, atau bermain fingerstyle yang memerlukan gitar dengan neck gitar yang empuk.

Berikut faktor yang membuat gitar sobat terasa keras dimainkan:

Penyebab gitar terasa keras dimainkan

  1. Jarak antara senar gitar dengan fret terlalu jauh, jarak ideal dari senar gitar dengan fret gitar untuk melodi adalah < 2mm. Dengan jarak ini, perpindahan jari tangan antara satu senar ke senar yang lainnya akan lebih mudah, karena beban penekanan jari pada senar gitar dan fret gitar terasa ringan. Begitu juga dengan permainan gitar fingerstyle yang lebih mengutamakan kekuatan jari dalam pembentukan chord gitar serta kerumitan tempo permainan, dengan jarak yang ideal ini membuat permainan gitar menjadi lancar.
  2. Neck gitar yang bengkok, dengan bentuk neck gitar yang seperti ini (bisa disebabkan karena bahan kayu berkualitas jelek) karena beban dari tarikan senar yang begitu kuat membuat batang neck gitar tertarik melengkung ke depan. Hal ini tentu saja bisa menimbulkan masalah seperti pada poin pertama (jarak senar gitar terlalu jauh dari fret gitar).
  3. Body gitar menggelembung (gitar akustik), Jika bagian body gitar pada dasar bridge gitar telah mennggelembung, maka bridge (tempat memasukan senar gitar) akan terangkat ke atas, meskipun neck gitar dalam kondisi yang baik (tidak bengkok) tetap saja jika bridge naik, maka senar gitarpun akan terlalu atas dan jaraknya menjadi jauh dari senar gitar. Hal ini juga tentu saja membuat senar gitar menjadi terasa keras.
  4. Salah menyusun senar gitar, hal ini sering terjadi pada pengguna gitar yang masih awam. menyusun senar gitar menggunakan senar gitar yang dibeli dengan unit satuan harus menyusun dengan urutan 112345. Maksudnya, untuk pemasangan senar secara berurutan dari bawah menggunakan senar gitar 1 untuk posisi senar 1 dan 2, senar 2 untuk posisi senar gitar 3, dan seterusnya. Berarti senar gitar no.6 tidak digunakan, kecuali jika senar gitar yang dibeli dalam jumlah satu set.
Karena judul dari artikel ini adalah solusi membuat gitar menjadi empuk, maka berikut ini adalah cara yang bisa sobat lakukan yang bisa dilakukan untuk membuat gitar yang tadi nya keras menjadi empuk dan enak dimankan buat melodi ataupun genjrengan.

Cara membuat gitar menjadi empuk


Berdasarkan dari ke 3 faktor penyebab gitar yang di atas, kesimpulannya adalah jika jarak antara senar gitar dengan fret gitar terlalu jauh, maka gitar akan mejadi terlalu keras untuk dimainkan dan bisa membuat jari tangan terasa sakit. Maka yang harus kita lakukan adalah membuat jaraknya menjadi lebih dekat.

Maka kita bisa memberikan sedikit modifikasi dengan cara berikut:
  • Memendekan nut gitar seminimal mungkin, dengan cara mengikis (bisa dengan amplas/kikir/gerinda). Cara ini digunakan untuk faktor penyebab gitar keras poin 1 dan 2.
Nut gitar dari tulang
Nut adalah bantalan senar gitar
  • Mengepres body dengan baut panjang, caranya adalah melubangi body gitar pada samping bridge ( bagian triplex) tembuskan hingga bagian bawah body. kemudian memasangkan baut yang panjang dari bagian atas menembus ke bagian bawah body gitar, lalu dikencangkan hingga mendapatkan jarak senar gitar dengan fret gitar yang ideal.
  • Meyetel Bridge gitar hingga maksimal, (untuk gitar listrik) Cara ini sangat mudah karena hanya dengan menyetel menggunakan kunci L 0,3 mm, Hanya saja pastikan jarak senarnya jangan terlalu dekat, karena nanti senar gitar menjadi cember karena berbenturan dengan fret gitar.
  • Membawa ke tukang servis gitar, Ini adalah cara paling mudah namun memerlukan biaya.. dari pada gitar sobat jadi rusak, lebih baik bawa aja ke ahlinya.. hehe,..  
Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini tentang bagaimana cara membuat gitar menjadi empuk agar enak dimainkan buat melodi dan gitar genjrengan... semoga bermanfaat

"Dengan Sharing, Ilmu akan menjadi lebih berharga dan memberi manfaat.."

1 comments so far

Untuk senar ukuran 0.10, adakah ketinggian yang ideal untuk ukuran senar itu?
Kalau ada, berapa ukuran yang ideal?


EmoticonEmoticon