Tuesday, March 20, 2018

Cara Cepat Menyetel Gitar | Stem jadi Mudah dan Praktis

Cara menyetel/menyetem gitar agar tune yang dihasilkan gitar enak didengar dan tidak fals akan coba kita bahas pada postingan kali ini.

Hal ini sering menjadi masalah bagi yang sedang belajar bermain gitar, seperti pengalaman saya dulu waktu masih duduk dibangku sekolah dan sedang senang-senangnya belajar bermain gitar. Karena belum lama bermain gitar, sering kali gitar yang saya gunakan terasa fals, ngaco aja pokoknya.. mainin kunci C kedengerannya gak enak banget, diotak-atik sendiri malah makin ngawur.. yahh.. mau gak mau, harus pergi kerumah paman buat disetel lagi gitarnya biar bener.

Mungkin pengalaman tadi pernah sobat alami. Berhubung masih banyak yang belum tau cara menyetem gitar yang benar, dibawah ini saya coba jelaskan cara mudah menyetel gitar untuk pemula.


Ada dua cara menyetel gitar yang bisa sobat lakukan, diantaranya adalah:

  1. Cara Menyetel Gitar Dengan Menyamakan Nada Senar Gitar (Manual)
  2. Cara Menyetel Gitar Dengan Menggunakan Aplikasi Guitar Tuner.



Cara Menyetel Gitar Dengan Menyamakan Nada Senar Gitar (Manual)


Untuk menyetel gitar menggunakan cara yang pertama, yaitu menyetem gitar dengan menyamakan nada senar gitar, langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah menyamakan nada senar gitar yang memiliki nada yang sama.
Caranya, menyetel salah satu senar gitar sebagai nada patokan yang kemudian senar gitar yang lainnya akan mengikuti patokan nada pertama tadi.

Sebagai contoh kita akan mengambil senar gitar 1 (satu) sebagai patokan dalam cara menyetel gitar. Nada yang dihasilkan dari senar gitar yang pertama adalah nada E.

Nada E bisa kita dapat dari  mendengarkan nada E standar misalnya dari lagu yang menggunakan nada E, atau dengan menggunakan aplikasi gitar tuner, dan yang paling mudah adalah dengan menggunakan solmisasi.

Apa yang di maksud dengan solmisasi?


Untuk sobat yang belum tau, solmisasi adalah nada dasar yang sering digunakan dalam melatih nada vokal dasar, seperti DO-RE-MI-FA-SO-LA-SI-DO.

Kembali ke Nada E tadi, Kenapa kita bisa menggunakan solmisasi untuk digunakan dalam cara menyetel gitar?

Tentu saja bisa, karena solmisasi dan Nada E adalah sama-sama nada, hanya yang berbeda adalah dalam penulisan saja.

Jika sobat masih bingung, maksud dari penulisan nadanya adalah antara  nada E adalah sama dengan nada MI dalam solmisasi, untuk memperjelasnya perhatikan urutan nada berikut:

C  -   D  -  -   F  -  G  -   A  -  B  -  C
DO - RE - MI - FA - SO - LA - SI - DO


Perhatikan "E" berada di atas "MI", maksudnya adalah nada yang sejajar adalah sama.

Jadi dalam cara menyetel gitar yang tadi kita bahas, yaitu mendapatkan nada E sebagai patokan dalam menyetel gitar, sobat bisa samakan nada vokal sobat dengan menyebutkan Do -Re - Mi....nah "Mi" inilah yang nadanya akan kita samakan dengan senar gitar no.1 atau no.6.

Buat newby emang agak sulit menyetel gitar dengan menyamakan nada hanya dengan mendengarkan nadanya saja, antara nada E senar gitar no.1 dengan nada E senar gitar no.6 adalah sama, tetapi berbeda dalam tinggi dan rendahnya nada E tersebut, tetapi tidak ada salahnya jika mencoba.

Setelah nada senar gitar no.1 sama dengan nada vokal "Mi", langkah berikutnya adalah menyamakan nada  senar gitar yang lainnya, sebelumnya kita perhatikan ilustrasi gambar cara menyetel gitar berikut.



Susunan nada pada menyetel gitar
Gbr. Senar 1 mulai dari atas

Karena senar gitar no.1 sudah di setel, yang paling mudah adalah menyetel senar gitar no.6 dengan patokan senar gitar no.1, sobat tinggal kencangkan atau kendorkan senar gitar no.6 hingga nadanya terdengar sama dengan nada senar gitar no.1.

Langkah berikutnya sobat samakan nada senar gitar no.5 dengan nada A dari senar gitar no.6, nada A dari senar gitar no.6 terletak pada grip/fret ke 5.

Selanjutnya adalah menyetel senar gitar no.4 dengan menekan senar gitar no.5 pada grip/fret ke 5 atau sama dengan nada D.

Menyetel senar gitar no.3 dengan menyamakan nada senar no.4 pada grip/fret ke 5 atau sama dengan nada G.

Cara menyetel senar gitar no.2 disini caranya agak berbeda dengan cara menyetel gitar sebelumnya, dimana grip/fret yang di tekan pada senar gutar no.3 adalah grip/fret ke 4 atau sama dengan nada B.

Jika sobat melakukan semua dengan benar maka sobat telah menguasai cara menyetel gitar dengan cara yang pertama.



Cara Menyetel Gitar Dengan Menggunakan Aplikasi


Buat sobat newby dalam bermain gitar, cara menyetel gitar dengan menggunakan aplikasi seperti guitar tuner ini adalah cara menyetel gitar yang di anjurkan.

Mengapa demikian, karena menyetel gitar dengan menggunakan aplikasi guitar tuner akan lebih mudah jika dibandingkan dengan cara menyetel gitar yang sebelumnya kita bahas.

Adapun cara yang harus dilakukan dalam menyetel gitar dengan menggunakan aplikasi guitar tuner atau aplikasi-aplikasi android lainnya, adalah sobat tinggal mendownload aplikasinya di playstore, dan menyiapkan gitar sobat untuk disetel dengan aplikasi guitar tuner pilihan sobat.

Cara menggunakan aplikasi penyetel gitar/ guitar tuner sobat tinggal memetikan senar gitar  yang akan di setel hingga prequensi yang dihasilkan tepat sesuai petunjuk.

Kembali kita bahas susunan senar gitar sesuai nada yang di hasilkan, susunan nadanya adalah sebagai berikut:

  • Senar gitar no.1/ yang paling bawah adalah nada E (nada tinggi).
  • Senar gitar no.2/ adalah nada B.
  • Senar gitar no.3/ adalah nada G.
  • Senar gitar no.4/ adalah nada D.
  • Senar gitar no.5/ adalah nada A.
  • Senar gitar no.6/ adalah nada E (nada rendah).

Berikut ini daftar aplikasi penyetem gitar yang disarankan:

  • Penyetem Dan Metronom 
  • Guitar Tuner Free - GuitarTuna
  • Penyetem Gitar - Pro Guitar
  • Guitar Tuner
  • Free Guitar Tuner
  • Guitar Tuner - Fender Tune


Sepertinya itu saja yang bisa saya bahas dalam artikel Cara Menyetel Gitar kali ini, semoga bermanfaat dan selamat belajar bermain gitar.

"Dengan Sharing, Ilmu akan menjadi lebih berharga dan memberi manfaat.."

1 comments so far

makasih artikelnya sangat bermanfaat sekali. ditunggu artikel menarik lainnya ya. Sukses selalu. kunjungi juga website kami https://www.joebillyguitars.com/


EmoticonEmoticon