Thursday, April 25, 2019

Belajar Tempo dalam Bermain Gitar Rhytem dan Melodi

Bagaimana menggunakan tempo dalam bermain gitar?

Tempo secara pengertian berarti ukuran kecepatan dalam birama lagu. Lalu apa yang membuat tempo ini memiliki peran penting dalam musik..? Mari kita bahas bagaimana cara belajar tempo dalam bermain gitar.


Tempo dan birama


Seperti telah diulas pada paragraf pertama bahwa tempo adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu. Namun untuk pemahaman sebenarnya terkadang cukup sulit dimengerti, untuk itulah di sini saya akan coba jelaskan secara lebih jelas dan lengkap.

Apa yang dimaksud dengan birama?

Birama adalah suatu tanda yang menunjukan jumlah ketukan. Dalam partitur birama dipisahkan oleh garis birama. Tanda birama menunjukan jumlah ketukan yang ada pada birama. Contoh tanda birama yang sering dijumpai adalah 4/4, 3/4, dan 2/4

Maksud dari 4/4 ini bahwa dalam satu birama terdapat 4 not (jika dalam melodi) atau 4 ketukan (jika dalam perkusi). Tanda birama 3/4 berati 3 not dalam satu birama, 2/4 berarti 2 not dalam satu birama.

Untuk memahai cara menemukan birama yang ada pada lagu bisa dilihat pada contoh chord lagu Balonku dengan birama 4/4 berikut:

     C  . . . C . .
Balonku ada lima,
   G .  .  .  C . .
Rupa-rupa warnanya..
    F .    . . C . .
hijau kuning kelabu, 
 .    G .   .  . C
Merah muda dan biru..



Keterangan: 
  • Chord C berwarna hijau menunjukan ketukan ke-1 pada birama ke-1
  • Titik-titik berwarna hijau menunjukan ketukan ke-2, ke-3, dan ke-4 pada birama ke-1
  • Chord C berwarna biru menunjukan ketukan ke1- pada birama ke-2
  • Titik-titik berwarna biru menunjukan ketukan ke-2, ke-3, dan ke-4 pada birama ke-2
  • Chord G dan titik-titik berwarna merah menunjukan ketukan ke-1, 2, 3 dan 4 pada Birama ke-3
  • Dan seterusnya..

Setelah memahami apa itu birama, barulah kita bicara tentang tempo. Tempo inilah yang menunjukan lambat atau cepatnya ketukan yang ada pada birama.

Tempo dihitung dalam dalam satuan BPM (Beats Per Minute) dalam bahasa Indonesia banyaknya ketukan per menit. 


Macam-macam tempo


Ada banyak macam-macam tempo baik untuk lagu ataupun melodi. Dibawah ini macam-macam tempo mulai dari yang paling lambat hingga yang paling cepat:

  1. Largo, 40-60 (BPM)
  2. Larghetto, 60-66 (BPM)
  3. Adagio, 66-76 (BPM)
  4. Andante, 76-108 (BPM)
  5. Moderato, 108-120 (BPM)
  6. Allegro, 120-168 (BPM)
  7. Presto, 168-200 (BPM)
  8. Prestissimo, 200-208 (BPM)

Tempo di atas merupakan tempo yang paling sering digunakan, padahal masih banyak yang tidak dilampirkan. Ini hanya sekedar tambahan wawasan saja, jadi tidak perlu terlalu jauh dibahas lagi mengenai macam-macam tempo. Yang penting untuk yang di atas saja sudah cukup mewakili semua macam tempo.


Tanda pada tempo


Tanda ini terdapat pada partitur lagu atau melodi, biasanya bertuliskan nama tempo yang digunakan dan terletak pada bagian kiri atas pada partitur.

Belajar tempo untuk bermain gitar


Atau pada Tab gitar biasanya langsung menampilkan BPM-nya pada bagian kiri atas juga.

Baca: cara membaca tab gitar


Matronome


Ada suatu alat yang khusus digunakan untuk menerapkan tempo, alat ini bernama metronome. Sebelum era digital seperti sekarang ini metronome merupakan sebuah alat sederhana yang digunakan untuk menunjukan ketukan berdasarkan tempo yang diinginkan.

Metronome klasik
Metronome klasik

Namun kini metronome bisa didapat dengan mudah berupa aplikasi android dan bisa banyak ditemukan di Google playstore.

Cara penggunaanya sangat mudah, tinggal setting BPM yang diinginkan lalu jalankan atau mulai untuk mendapat ketukan berbunyi "Cling.. tak.. tak.. tak.. Cling.. tak.. tak.. tak.. ".


  • Bunyi "Cling.. " menandakan ketukan pertama dari 4 ketukan
  • Bunyi "tak.. tak.. tak.." menandakan ketukan ke-2, 3, dan 4
  • Bunyi "Cling.. tak.. tak.. tak.. " menggunakan birama 4/4
  • Birama 3/4 = "Cling.. tak.. tak.. Cling.. tak.. tak.. "
  • Birama 2/4 = "Cling.. tak.. Cling.. tak.. "



Bermain gitar rhytem dengan tempo


Sampai disini saya rasa sudah cukup jela tentang memahami tempo pada lagu, jadi sobat tinggal mendowload aplikasi metronome kemudian mulai mempraktekannya dengan sebuah lagu dan bermain gitar menggunakan chord gitar Rhytem (iringan).

Tempo yang lambat bisa digunakan untuk berlatih dan melancarkan perpindahan chord gitar pada lagu bagi yang masih belajar gitar. Kemudian sedikit-sedikit tempo mulai dinaikan hingga lancar dan sesuai dengan tempo asli pada lagu.


Bermain gitar melodi dengan tempo


Dalam bermain gitar melodi latihan menggunakan metronome akan sangat terbukti membantu dalam bermain gitar cepat. Memainkan melodi cepat seperti gitaris terkenal yang memiliki tingkat kesulitan yang luar biasa, akan bisa di atasi dengan berlatih menggunakan metronome.

Baca juga: Bermain gitar melodi

Berlatih melodi dengan tempo yang dilambatkan terlebih dahulu bisa melatih memori pergerakan jari dan petikan pick gitar. Sehingga pergerakan tangan akan lebih konstan dalam memainkan melodi meski dengan tempo yang sangat cepat seperti melodi gitar Fantaisie imprompto (Frederic Chopin).

Itulah tadi yang bisa saya jelaskan tentang belajar Tempo dalam bermain gitar semoga memberi tambahan wawasan sobat pembaca.. wassalam..


"Dengan Sharing, Ilmu akan menjadi lebih berharga dan memberi manfaat.."


EmoticonEmoticon