Tuesday, March 20, 2018

Cara Belajar Bermain Gitar Tanpa Guru [Otodidak]

Sebelum kita memulai dalam belajar  bermain gitar, pastikan bahwa sobat benar-benar memiliki keinginan yang cukup besar untuk bisa menguasai cara bermain gitar dengan baik dan benar. Tapi jika sobat hanya mencari tahu saja dan tidak sungguh-sungguh dalam belajar bermain gitar, kemungkinan besar sobat akan putus asa ditengah jalan dan hanya sedikit saja pengetahuan yang didapat dari belajar bermain gitar yang sobat sudah lakukan.

Bermain gitar jika dilihat dari segi kemampuannya dibagi kedalam tiga golongan, yaitu : dasar, menengah dan mahir. Golongan manakah yang akan sobat pilih ?  saya yakin, sobat akan memilih golongan yang mahir bukan? Tentu saja bisa.. hanya saja satu hal yang perlu diingat adalah dimanapun sobat belajar bermain gitar, yang menentukan hasilnya adalah sobat sendiri.

Sebagai penyemangat sobat dalam belajar bermain gitar, berikut saya beritahukan beberapa keuntungan dari belajar bermain gitar, tentunya jika nanti sobat sudah menguasai cara bermain gitarnya. Antara lain sebagai berikut :

  • Menghibur orang lain, kalau diri sendiri sudah pasti lah
  • Meningkatkan fungsi otak, dari beberapa artikel yang pernah saya baca sih, hehe..
  • Menghilangkan stress. dengerin lagu aja bisa ngilangin stress, apa lagi mainin lagu kesayangan dengan gitar
  • Menarik perhatian wanita. Nah ini poin yang dulu bikin saya semangat belajar bermain gitar, saya rasa sobat juga setuju ya..
  • Menambah pergaulan, pastinya
  • Prospek karir menjadi gitaris profesional, intinya mendapatkan penghasilan dari bermain gitar
  • Mengasah kemampuan vokal, dengan belajar bermain gitar sobat jadi tau lebih banyak tentang nada, hingga bisa dipastikan gak bakalan buta nada dan tentu saja bisa nyanyi
  • Meningkatkan rasa percaya diri, berani jamin deh..kalau sobat udah jago bermain gitar gak bakalan deh adanya istilah kata 'minder' dalam hidup sobat
  • Dan banyak keuntungan lainnya....

Mari kita mulai..

Dibawah ini langkah-langkah dalam memulai belajar bermain gitar sendiri dengan mengikuti panduan berikut:



Memahami susunan senar gitar


Cara pertama dari belajar bermain gitar untuk pemula adalah dengan mengenal kunci dasar gitarNamun terlebih dahulu sobat harus mengetahui nada yang dihasilkan dari tiap-tiap senar/dawai gitar mulai dari senar nomor satu sampai dengan nomor enam.

Penjelasan dari susunan nomor senar gitar serta posisi dan nada yang dihasilkan dari senar itu sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Senar Gitar Nomor satu (1) Posisinya berada pada urutan paling bawah dari susunan ke enam senar/dawai gitar dan memiliki nilai nada E (interval ke-4/E4) dengan nilai frekuesi nada sebesar 329.63 Hz
  2. Senar Gitar Nomor Dua (2) Posisinya berada pada urutan ke dua dari bawah, memiliki nilai nada B (interval ke-3/B3) dengan nilai frekuensi sebesar 246.94 Hz
  3. Senar Gitar Nomor Tiga (3) Posisinya berada pada urutan ke tiga dari bawah, memiliki nilai nada G (interval ke-3/G3) dengan nilai frekuensi 196 Hz
  4. Senar Gitar Nomor Empat (4)Posisinya berada pada urutan ke empat dari bawah atau urutan ke tiga dari atas, memiliki nilai nada D (interval ke-3/D3) dengan nilai frekuensi 146.83 Hz
  5. Senar Gitar Nomor Lima (5) Posisinya berada pada urutan ke dua dari atas, memiliki nilai nada A (interval ke-2/A2) dengan nilai frekuensi 110 Hz
  6. Senar Gitar Nomor Enam(6) Posisinya berada pada urutan pertama dari atas, memiliki nilai nada E (interval ke-2/E2) dengan nilai frekuensi 82.41 Hz

Ringkasan dari susunan senar gitar bisa dilihat pada gambar berikut:


Posisi jari pada senar gitar
Posisi jari pada gitar




Mengenal kunci dasar gitar


Setelah sobat mengetahui susunan dari senar/dawai gitar di atas, barulah kita bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu belajar kunci dasar gitar.

Kunci gitar atau chord gitar adalah gabungan dari beberapa nada/not yang menghasilkan suara yang harmonis.

Untuk sobat yang masih baru mengenal gitar dan ingin tau cara bermain gitar, ada baiknya sobat memulai belajar gitar dengan menggunakan kunci dasar gitar.

Berikut adalah beberapa kunci dasar gitar yang perlu sobat ketahui, antara lain adalah: 

  • Kunci dasar gitar Am (A minor)
  • Kunci dasar gitar C (C Mayor)
  • Kunci dasar gitar Em (E minor)
  • Kunci dasar gitar E (E mayor)
  • Kunci dasar gitar G (G mayor)
  • Kunci dasar gitar F (F mayor)
  • Kunci dasar gitar D (D mayor)
  • Kunci dasar gitar Dm (D minor)


Maksud dari kunci dasar gitar adalah kunci gitar yang sering digunakan dalam sebuah lagu yang sederhana, sehingga jika sobat sudah menguasai kunci dasar gitar yang tadi disebutkan, sobat bisa langsung mempraktekannya dalam sebuah lagu sederhana.



Cara membaca gambar kunci gitar


Pada buku chord gitar atau gambar yang sering dijumpai di internet sering kali menggunakan gambar sebagai penunjuk chord gitar. Gambar tersebut terdiri dari 6 garis vertikal yang mewakili 6 senar gitar, dan beberapa deret garis horizontal yang mewakili fret gitar. Tanda titik hitam besar menunjukan senar yang harus ditekan dan tanda lingkaran menunjukan senar yang tidak dibunyikan. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut:

Contoh gambar chord untuk belajar gitar

Gambar di atas merupakan gambar dari chord gitar dasar Am (A minor). Gambar chord gitar seperti itu akan sering dijumpai pada chord lagu.



Menguasai posisi dan cara memegang kunci dasar gitar


Posisi jari dan cara memegang kunci gitar dasar yang benar ini sangat penting agar suara yang dihasilkan lebih jernih dan keras (tidak sember). Juga akan lebih memudahkan pergerakan jari saat berpindah chord gitar dalam memainkan lagu.

Untuk alasan itulah langkah ini jangan disepelekan agar sobat bisa belajar bermain gitar dan menguasai gitar dalam waktu yang singkat.

Di bawah ini adalah beberapa kunci dasar gitar yang wajib sobat ketahui dalam belajar bermain gitar lengkap dengan gambar cara memegang  dan posisi jari pada gitar.

Kunci Dasar Gitar Am (A minor)

Letakan jari telunjuk pada senar gitar ke-2 fret ke-1, jari manis pada senar ke-3 fret ke-2, jari tengah pada senar ke-4 fret ke-2, kemudian mulai petikan mulai dari senar 5-4-3-2-1 secara perlahan-lahan hingga setiap senar menghasilkan bunyi yang nyaring.


Kunci gitar A minor
Kunci gitar A minor


Kunci Dasar Gitar C (C mayor)
Letakan jari telunjuk pada senar gitar ke-2 fret ke-1, jari tengah pada senar ke-4 fret ke-2, jari manis pada senar ke-5 fret ke-3, kemudian mulai petikan mulai dari senar 5-4-3-2-1 hingga setiap senar menghasilkan bunyi yang nyaring.


Kunci gitar C mayor
Kunci gitar C mayor


Kunci Dasar Gitar Em (E minor)
Letakan jari manis pada senar gitar ke-4 fret ke-2, jari tengah pada senar ke-5 fret ke-2 kemudian mulai petikan senar 6-5-4-3-3-1 hingga semua senar gitar menghasilkan suara nyaring. 



Kunci gitar E minor
Kunci gitar E minor


Untuk melatih kelenturan jari dalam memainkan gitar, coba gunakan ketiga kunci dasar gitar yang tadi secara berulang dari kunci gitar Am - C - E - Am.


Kunci Dasar Gitar E (E mayor)
Kunci gitar dasar E (E mayor), posisi jari manis dan jari tengah adalah sama dengan kunci gitar dasar Em (E minor), hanya saja jari telunjuk menekan senar ke-1.




Kunci gitar E mayor
Kunci gitar E mayor



Kunci Dasar Gitar F (F mayor)
Kunci gitar F (mayor) berbeda dengan kunci gitar dasar lainnya, yang mana jari telunjuk menekan dua buah senar gitar yaitu, senar ke-1 fret ke-1 dan senar gitar ke-2 fret ke-1, jari tengah menekan senar ke-3 fret ke-2, dan jari manis menekan senar ke-4 fret ke-3.


Kunci gitar F mayor
Kunci gitar F mayor



Kunci Dasar Gitar G (G mayor)
Jari kelingking menekan senar gitar pertama fret ke-3, jari tengah menekan senar ke-5 fret ke-2, jari manis menekan senar ke-6 fret ke-3. Untuk senar 2,3, dan 4 dibiarkan saja.


Kunci gitar G mayor
Kunci gitar G mayor




Kunci Dasar Gitar Dm (D minor)
Tekan senar gitar pertama pada fret ke-1 menggunakan jari telunjuk, jari manis pada senar ke-2 fret ke-3, dan jari tengah pada senar ke-3 fret ke-2, petikan senar gitar di mulai dari senar 4,3,2,1.



Kunci gitar D minor
Kunci gitar D minor



Semakin sering berlatih maka lama-lama sobat akan semakin lancar dalam bermain gitar, gunakan variasi perpindahan kunci dasar gitar seperti contoh berikut:
  • C - G - F - G - diulang lagi dari C
  • Am - Em - F - G - diulang lagi dari Am

Atau sobat bisa membuat variasi sendiri dalam bermain gitar, dan perputaran kunci/chord ke chord yang lainnya secara berirama dinamakan Cadence. Setelah sobat lancar menggunakan cadence dalam bermain gitar, maka mulai lah menggunakan lagu dengan diiringi oleh gitar.




Mulai bermain gitar dengan menyanyikan lagu untuk pemula


Langkah selanjutnya dalam belajar bermain gitar adalah dengan belajar memainkan sebuah lagu. Memainkan lagu dengan menggenjreng ataupun chord block, yaitu memainkan lagu dengan diiringi chord gitar hanya pada bagian perpindahan chord saja. 

Pada blog ini juga banyak lagu-lagu terbaru yang bisa direkomendasi buat latihan belajar bermain gitar.

Hal yang perlu diingat saat mengiringi lagu dengan chord gitar jika masih dalam tahap belajar adalah utamakan keutuhan chord gitar (chord gitar harus bersuara jelas).

Sebenarnya ada banyak sekali kunci/chord gitar yang bisa digunakan dalam bermain gitar, sobat tinggal mencari artikel tentang "chord lagu" sesuai selera.

Ingat dalam tahap ini kelancaran dalam berpindah kunci gitar akan sangat dibutuhkan. Mulailah dengan lagu-lagu yang sobat hafal dan menggunakan chord gitar dasar.

Semakin sering berlatih, maka akan banyak perubahan yang didapat. Lama-lama tanpa melihat jaripun tangan akan bisa berpindah secara reflek ke chord gitar yang dituju jika sobat sudah mulai menguasai cara bermain gitar menggunakan lagu untuk pemula.



Belajar Menyetem Gitar


Jika sobat bertanya penting atau tidak menyetem gitar, maka jawabannya adalah penting.

Jadi begini sob, fungsi menyetem gitar pada dasarnya adalah menjaga agar tune/nada pada senar gitar tetap berada pada nada semestinya.

Biasanya sih dengan tidak belajar menyetem gitar sekalipun, seiring dengan berjalannya waktu, menyetem gitar akan dapat dikuasai dengan sendirinya.

Terus bagaimana jika gitar saya pada fals ? langkah paling cepat yang harus dilakukan adalah dengan meminta tolong kepada teman/tetangga yang sudah bisa menyetem gitar. Tapi jika sobat masih juga ingin belajar menyetem gitar, pada blog ini saya juga pernah membahas tentang cara menyetem gitar, bisa dibaca Cara mudah menyetem gitar.

Biar gak buang-buang waktu saya menyarankan sobat menyetem gitar dengan menggunakan aplikasi penyetem gitar yang bisa kamu download aplikasinya di playstore.



Belajar bermain gitar melodi


Satu langkah lebih maju dari tingkat pemula adalah dengan belajar bermain gitar melodi. Dalam bermain gitar melodi terdapat teknik-teknik menakjubkan yang sering digunakan para gitaris kelas dunia. 

Gitaris dunia seperti Steve Vai, John petrucci, Yngwie Malmsteen, Joe Satriani, dll.. bisa membuat sobat takjub dengan skill dari permainan mereka, dan ini sangat cocok untuk membakar semangat dalam belajar bermain gitar agar lebih terlihat keren.

Cari tau lebih banyak tentang mereka agar bisa menentukan jenis musik seperti apa yang sobat sukai dan ingin dipelajari.

Untuk membahas cara bermain gitar melodi memang tidak cukup dengan satu-dua kalimat saja, jika sobat berminat untuk belajar teknik gitar melodi, mungkin artikel berikut bisa membantu sobat dalam memulai belajar gitar melodi.



Melatih kekuatan jari tangan



Melatih kekuatan jari baik digunakan untuk melancarkan kepiawaian sobat dalam belajar bermain gitar. hal-hal yang harus dilakukan dalam melatih kekuatan jari tangan dalam bermain gitar antara lain:
  • Melakukan senam jari secara rutin
  • Menggunakan alat pelemas jari seperti Finger exerciser
  • Memaksimalkan penekanan jari pada saat memainkan gitar hingga lancar.


Selengkapnya tentang cara melatih jari tangan dalam bermain gitar bisa sobat simak pada artikel dibawah:



Belajar gitar dengan menggunakan tab gitar


Jika sobat ingin belajar bermain gitar melodi atau akustik dalam waktu yang  cepat tanpa guru, maka saya sangat sarankan sobat belajar gitar dengan menggunakan tab gitar. 

Tab gitar adalah suatu media berupa gambar yang mewakili susunan nada pada fret gitar. Contoh Tab gitar sederhana seperti dibawah ini :

E--------------------------------------------

B--------------------------------------------

G--4------------------------2------3------5-

D--4----------2------5----------------------

A--------3-----------------------------------

E--------------------------------------------

Dan contoh tab gitar yang lengkap seperti pada gambar dibawah ini :

tab gitar canon rock

Jika sobat ingin serius dalam belajar gitar dan menguasai cara membaca tab gitar, sobat bisa mengunjungi artikel saya yang lainnya yaitu: Belajar cara membaca tab gitar.

Sobat juga bisa menggunakan aplikasi tab gitar agar bisa dengan mudah menguasai cara membaca tab gitar karena pada aplikasi tab gitar sobat bisa memainkan nada pada gambar tab gitar sehingga membaca tab gitar jadi lebih gampang. 
Practise make perfect

Belajar bermain gitar memang memerlukan ketelatenan dan kesabaran. Namun yakinlah bahwa sobat pasti bisa menguasai gitar dalam waktu yang relatif singkat dengan langkah-langkah yang sudah diuraikan dari awal sampai akhir.


Selamat belajar bermain gitar dan semoga bermanfaat..

  

"Dengan Sharing, Ilmu akan menjadi lebih berharga dan memberi manfaat.."

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon