Wednesday, May 23, 2018

Belajar Gitar Akustik 'Romance de Amor' dengan Tab Gitar [Rekomendasi untuk Pemula]

gitar akustik untuk pemula

  Belajar gitar akustik memang terkadang bisa menjadi sangat menyulitkan bagi kalangan yang masih baru belajar. Maka dari itu dalam artikel ini ingin berbagi satu tab gitar yang sangat direkomendasikan untuk sobat gitar yang masih pemula yang sedang nyari musik klasik apa yang paling gampang dimainkan untuk memulai dalam belajar gitar akustik dasar.
  Lagu instrumental gitar klasik ini berjudul 'Romance de Amor', lagu yang berarti 'Ketika cinta menjadi populer' lagu ini berasal dari abad ke-19 an dan menjadi semacam lagu wajib dikalangan gitar klasik. Siapa yang belum pernah mendengar lagu ini, jika sobat masih merasa asing dengan lagu ini, maka selamat datang di dunia gitar klasik
  Baiklah sob..sebelum kita memulai, inti dari permainan gitar akustik ini adalah keindahan dari penggunaan melodi pada senar gitar nomor satu, dua, dan tiga yang dipadukan dengan bass pada senar gitar nomor enam/lima. jika sobat melakukannya dalam tempo/ritme yang benar dan memetik senar gitar yang benar pada bagian yang harus dipetik secara bersamaan atau tidak, maka sobat akan merasakan sendiri keindahan dari lagu ini.

  Mari kita mulai saja..

Untuk memudahkan sobat dalam mempelajari lagu 'Romance de Amor' ini, saya akan berikan tab gitar lengkap dengan gambar, video serta penjelasannya.

Perhatikan gambar tab gitar dibawah :

romance de amor bagian 1

Cara memainkannya sebagai berikut :
  1. Pada birama/bar pertama, tekan senar nomor satu pada fret ke tujuh menggunakan jari kelingking, kemudian petik bersamaan dengan senar gitar nomor enam tanpa di di tekan(fret nomor nol), kemudian senar gitar nomor dua, lalu nomor tiga (fret nomor nol/tanpa ditekan).
  2. Pada birama kedua, seperti mengulangi langkah pertama hanya saja pada bar kedua ada perpindahan melodi pada senar ke-satu, yaitu pada fret ke tujuh pindah ke fret lima kemudian fret ke tiga dengan jari kelingking pada fret ke tujuh, jari tengah pada fret kelima dan telunjuk pada fret ke tiga. 
  3. Saya rasa dari penjelasan satu dan dua, sobat yang belum bisa membaca tab gitar pun sudah bisa mengambil kesimpulan bagaimana cara membaca tab gitar pada gambar di atas.
  4. Pada birama ke-lima sobat bisa lihat tanda (N.H) pada bagian atas bar, artinya sobat menggunakan teknik gitar melodi Natural Harmonic, yaitu memetik senar gitar menggunakan tangan kanan, yang sebelumnya diberikan sedikit sentuhan oleh jari tangan kiri pada senar gitar yang dimaksud (pada bar ke lima di atas adalah senar 1 pada fret ke 12) sehingga menghasilkan bunyi yang harmonic. 
  5. Jika masih bingung, sobat bisa lihat videonya pada akhir artikel.  
  Dari penjelasan diatas tentang belajar gitar akustik untuk pemula menggunakan lagu 'Romance de amor' sebagai latihannya, disana hanya satu bagian saja dari tab gitar Romance de amor yang saya jelaskan disini. Nah untuk mendapatkan Tab gitar lengkapnya sobat tinggal download disini.

  Berikut adalah video dari tab gitar lagu 'Romance de amor' :



Sekian dari saya, semoga artikel ini cukup lengkap untuk membantu pembelajaran sobat dalam bermain gitar akustik.




  
  

"Dengan Sharing, Ilmu akan menjadi lebih berharga dan memberi manfaat.."


EmoticonEmoticon